Blog

Lailatul Qodar, Kapan?

Oleh : Muhammad Hanif Alatas Lc.

( Ketum DPP FSI)

Mengapa ulama bisa berbeda-beda dalam menentukan yang mana Malam Lailatul Qodar, ada yang mengatakan malam 17, malam 21, 23, 25, 27 bahkan 29, mengapa bisa begitu banyak pendapat ?

Setidaknya dsini ada dua Faktor utama timbulnya keberagama pendapat :

  1. Perbedaan dalil yang mereka jadikan sandaran, sehingga lahirlah kesimpulan yang berbeda.
  2. Perbedaan Tajribah (Pengalaman Pribadi) sehingga masing-masing merasakan Malam Lailatul Qodar dimalam yang memang mereka rasakan, lalu dari situ diambil kesimpulan yg berbeda-beda.

Dari banyaknya pendapat  dalam hal ini kita bisa mengambil benang merah, yaitu; tidak ada yang bisa mengetahui secara pasti kapankah lailatul Qodar dan semua pendapat yang ada sifatnya masih Dzhonni serta tidak mutlak benar.

Bertolak dari banyaknya perbedaan pendapat dalam hal ini, sangat tepat kesimpulan al-Imam al-Haddad dalam kitabnya an-Nashoih ad-Diniyyah (Hal 178) yang juga merupakan pendapat mayoritas Ulama bahwa malam Lailatul Qodar itu tidak terikat pada malam tertentu dan mungkin seja berubah-rubah setiap tahunnya, bahkan mungkin saja jatuh pada selain sepuluh malam terakhir meskipun lebih sering di sepuluh terakhir, sehingga Hikmah dari hal ini agar kita semangat beribadah dalam bulan Romadhon secara Full Khususnya di sepuluh malam terakhir dan tidak hanya terfokus pada malam tertentu.

Wallahu a’lam.

" data-url="http://ponpesalumm.com/lailatul-qodar-kapan/" data-width=640 data-height=480> Share

Related Post

2 Responses

  1. abu zainab says:

    Alhamdulillah wa jazaakallohu khair…
    jelas padat dan insya Allah bermanfaat.

    Reply
    • admin says:

      Terima Kasih

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *